Tips memilih kartu kredit yang baik

Sekarang bank-bank penerbit kartu kredit sedang gencar-gencarnya melakukan pengkinian data nasabahnya. Hal ini berkaitan dengan Peraturan Bank Indonesia yang mengatur tentang pembatasan kepemilikan kartu kredit. Pembatasan hanya boleh memiliki 2 kartu kredit bagi nasabah yang memiliki penghasilan di bawah Rp. 10 juta / bulan. Hal ini juga ternyata tidak hanya memusingkan bank, tetapi nasabah yang mesti terkena aturan tersebut. Mereka dipaksa memilih kartu mana yang hendak ditutup. Nah, untuk membantu anda, kami akan memberikan tips memilih kartu kredit yang baik. Check it out!

Tips memilih kartu kredit yang baik yang pertama adalah dengan membandingkan kenyamanan dalam pembayaran. Jika anda adalah orang yang sering membayar dengan metode cicilan, lebih baik anda memilih kartu kredit yang menawarkan bunga terrendah sehingga anda tidak terbebani. Jika anda sering membayar tepat waktu setiap bulannya, cobalah cek kapan bunga kartu kredit tersebut diperhitungkan, apakah sejak tanggal transaksi atau ketika masa tenggang berakhir. Lebih baik menghindari bank yang menerapkan bunga sejak tanggal transaksi, kenapa? Itu berarti anda tetap akan membayar bunga meskipun anda melunasinya tiap bulan.

Tips dan trik kartu kredit, memilih kartu kredit

Pelajari tips memilih kartu kredit yang baik agar tidak salah pilih

Tips kartu kredit selanjutnya adalah membandingkan biaya-biaya yang dikenakan. Ketika anda hendak memilih kartu kredit, pastikan anda mengetahui segala biaya yang mungkin dikenakan kepada anda natinya. Jangan sampai anda mengeluh karena salah memilih kartu kredit yang ternyata banyak biaya tidak terduganya.

Tips memilih kartu kredit yang baik selanjutnya adalah mencocokkan manfaat kartu kredit tersebut dengan kebutuhan anda. Apa sich yang menjadi kebutuhan anda saat menggunakan kartu kredit? Apakah anda menggunakan kartu kredit untuk belanja, jalan-jalan, dll? Pilihlah kartu yang memberi manfaat sesuai dengan kebutuhan anda. Banyak sekali kartu kredit co-branding yang menawarkan manfaat yang bisa memenuhi kebutuhan nasabahnya. Jika anda suka belanja, cari kartu yang bekerjasama dengan pusat perbelanjaan. Jika anda sering jalan-jalan, pilih kartu yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan atau hotel-hotel.

Tips kartu kredit yang selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan program yang ditawarkan. Tidak bisa dipungkiri program-program kartu kredit seperti reward, poin, ataupun cashback masih menjadi senjata andalan bank untuk menarik nasabah. Oleh sebab itu, anda harus pintar-pintar membandingkannya. Carilah kartu kredit yang memberikan program yang cocok untuk anda dan tidak berbelit-belit. Sebab ada juga program yang memakai syarat dan ketentuan yang justru merugikan nasabah.

Tips memilih kartu kredit yang baik yang terakhir adalah memilih bank yang mudah dan ramah untuk dimintai informasi. Pilihlah kartu kredit dari bank yang ketika anda menanyakan informasi atau keluhan, anda akan dilayani dengan baik dan sabar. Hal ini penting, sebab ketika anda tidak mendapatkan informasi yang benar, hal tersebut bisa merugikan anda.

Nah, itu tadi tips memilih kartu kredit yang baik. Bagi nasabah yang terancam terkena peraturan pembatasan kepemilikan kartu kredit dari BI, silahkan gunakan poin-poin diatas untuk memilih mana kartu yang akan dipertahankan, atau yang mau ditutup. Atau kalau anda ingin mempertahan semuanya, silahkan belajar tips kartu kredit lainnya dengan mengikuti Seminar dan Workshop Credit Card Revolution. Selamat beraktivitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *