Tips kartu kredit : Cara menghindari bunga dan biaya kartu kredit

Menggunakan kartu kredit memang menyenangkan, saat kita butuh sesuatu, tinggal gesek, maka keinginan kita akan terpenuhi. Namun, masalah mulai muncul ketika kita tidak tahu aturan mainnya. Begitu tagihan muncul, kita mesti membayar tagihan yang tidak semestinya. Hal ini dikarenakan bunga dan biaya kartu kredit yang dikenakan karena ketidaktahuan kita. Tapi, apakah itu berarti tidak ada tips kartu kredit untuk mensiasatinya? Owh, jangan pesimis dulu, tentu ada cara menghindari bunga dan biaya kartu kredit. Silahkan dibaca hingga tuntas.

Tips kartu kredit yang pertama yang sangat ampuh dan selalu saya sarankan dan mungkin sudah anda ketahui adalah membayar tagihan anda secara lunas dan tepat waktu. Jika anda melunasinya tanpa ada saldo yang tertagih, anda tidak akan pernah terkena bunga dan juga menghindari biaya keterlambatan.

Tips kartu kredit, tips dan trik kartu kredit, kartu kredit tips

Banyak orang terjebak kartu kredit karena tidak tahu cara menghindari bunga dan biaya kartu kredit

 

Cara menghindari bunga dan biaya kartu kredit selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan transfer hutang. Beberapa bank berani memberikan layanan transfer hutang kartu kredit dengan bunga 0%. Jadi kalau anda punya tunggakan, tidak ada salahnya mencoba fasilitas ini. Namun, yang perlu anda ketahui, kelemahan layanan ini adalah durasinya yang pendek. Jadi anda mesti menyiapkan uang untuk segera membayar hutang anda agar tidak terkena bunga dan biaya lainnya.

Tips kartu kredit selanjutnya adalah dengan mengetahui dan mengingat kapan masa tenggang kartu kredit anda. Kenapa kok ini penting? Biasanya, pada masa tenggang, pembelanjaan yang anda lakukan tidak akan dikenai bunga. Setelah itu, anda harus melunasi tagihan anda sebelum masa tenggang berakhir. Wah, saya tidak bisa mengingatnya karena kartu kredit saya banyak! Tenang, sekarang sudah ada aplikasi bernama Credit Cards Reminder yang bisa anda dapat di Google Play Store atau Apple App Store. Aplikasi ini akan sangat membantu anda untuk mengingatkan masa tenggang kartu anda.

Minimalkan penarikan tunai adalah cara menghindari bunga dan biaya kartu kredit berikutnya. Kebanyakan bank mengenakan suku bunga dan biaya yang lebih tinggi bagi nasabah yang menggunakan fasilitas ini. Jadi, jika tidak benar-benar terpaksa, jangan pernah lakukan tarik tunai dengan kartu kredit anda.

Tips kartu kredit terakhir adalah selalu mengecek transaksi anda. Ada dua keuntungan yang bisa anda peroleh dengan melakukan ini. Yang pertama adalah membuat anda bisa melakukan perhitungan keuangan antara pemasukan dan pengeluaran anda. Usahakan transaksi anda tidak lebih besar dari pemasukan anda, sehingga anda bisa melunasinya setiap waktu sehingga anda tidak terkena bunga. Keuntungan kedua adalah untuk mengetahui sisa limit kartu kredit anda. Jangan sampai anda bertransaksi diatas limit karena akan ada biaya yang harus anda bayar nantinya.

Nah, itu tadi beberapa tips kartu kredit yang bisa anda gunakan untuk menghindari bunga dan biaya kartu kredit. Sejauh ini, tips ini berhasil saya aplikasikan sehingga saya merupakan salah satu mentor tentang hutang yang masih punya catatan baik di mata bank. Tapi, jika anda punya cara menghindari bunga dan biaya kartu kredit sendiri, jangan sungkan untuk berbagi bersama kami dengan menuliskannya di kolom komentar yang tersedia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *