Tips kartu kredit : Bagaimana menggunakan kartu kredit tambahan

Kartu kredit memang jadi salah APMK (Alat Pembayaran Menggunakan Kartu) yang cukup populer di kalangan masyarakat. Manfaat serta kegunaannya yang banyak membuat orang tertarik untuk memilikinya. Manfaat yang diberikan ditunjang dengan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh nasabah. Salah satu fasilitas yang diberikan adalah program kartu kredit tambahan. Nah. Berikut akan kami berikan tips kartu kredit tentang bagaimana menggunakan kartu kredit tambahan.

Kartu kredit tambahan, Tips menggunakan kartu kredit tambahan

Pelajari tips kartu kredit tentang bagaimana menggunakan kartu kredit tambahan agar anda tidak terjebak

Sebelum kita membahas tips kartu kredit tentang penggunaan kartu kredit tambahan, ada baiknya pembaca memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kartu tambahan. Kartu kredit tambahan adalah fasilitas yang diberikan bank penerbit kartu kredit kepada nasabahnya dimana nasabah tersebut bisa membuatkan kartu tambahan untuk orang-orang yang diinginkannya. Biasanya kartu ini diberikan kepada anggota keluarga seperti suami atau istri, anak, orang tua, dll. Segala transaksi yang dilakukan oleh kartu tambahan akan ditagihkan kepada kartu kredit utama. Makanya, biasanya, baik kartu kredit utama dan tambahan menggunakan rekening yang sama.

Nah, setelah anda tahu apa itu kartu tambahan, sekarang kita masuk pembahasan bagaimana menggunakannya. Sebelum membuatkan kartu kredit tambahan, anda mesti memastikan siapa yang akan menggunakannya. Setelah itu, anda harus menekankan apa yang diperbolehkan dan tidak bagi pemegang kartu tambahan tersebut. Misal, istri anda anda daftarkan sebagai pemegang kartu kredit tambahan, maka anda harus memastikan kalau kartu tersebut hanya boleh digunakan untuk keperluan rumah tangga, seperti membeli kebutuhan hidup, membayar tagihan-tagihan, dll. Kalau itu untuk anak anda, maka tekankan kalau kartu tersebut hanya boleh digunakan untuk kebutuhan membeli keperluan sekolah, misal buku pelajaran, alat-alat praktikum, dll.

Tips kartu kredit selanjutnya tentang bagaimana menggunakan kartu kredit tambahan adalah edukasi kepada si pemegang kartu. Berikan limit yang boleh digunakan oleh mereka ketika bertransaksi. Biasanya kartu kredit utama dan tambahan memiliki limit gabungan. Nah, anda sebagai pemegang kartu utama mesti tegas dan berikan sanksi jika mereka menggunakan kartu di luar limit yang disepakati. Misal, anda setuju istri anda hanya boleh maksimal menggunakan kartu tersebut Rp. 2 juta. Ternyata, istri anda menggunakannya Rp. 2,5 juta. Anda bisa memberikan sanksi agar ia bisa mengontrol pengeluaran, misal dengan melarang dia menonton sinetron favoritnya, atau mengurangi biaya pemeliharaan kecantikannya selama kurun waktu tertentu.

Edukasi lainnya yang diperlukan adalah sampaikan resiko-resiko yang bisa anda terima jika terjadi penyalahgunaan pemakaian kartu tersebut. Sampaikan resiko apa yang terjadi jika ada transaksi diatas limit kartu kredit alias overlimit. Sampaikan pula apa resikonya jika anda sampai telat dalam membayar tagihannya.

Nah, itu tadi tips kartu kredit tentang bagaimana menggunakan kartu kredit tambahan. Asal anda tahu caranya, menggunakan fasilitas kartu kredit yang anda justru akan menguntungkan. Semoga informasi berikut ini bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *