Tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit

Popularitas kartu kredit dari waktu ke waktu semakin meningkat. Banyaknya manfaat dan kegunaan yang dimilikinya, membuat orang berlomba-lomba mengajukan aplikasi kepemilikan kartu kredit. Memang memiliki kartu kredit adalah hak setiap orang, namun ada sebagian orang yang tidak cocok untuk memiliki kartu ajaib ini. Nah, berikut akan kami sajikan tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit.

Tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit yang pertama adalah mereka yang memiliki gaji dibawah Rp. 3 juta. Ingat, peraturan yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI), batas minimal penghasilan seseorang agar bisa mendapat kartu kredit adalah Rp. 3 juta / bulan. Jadi jika gaji Anda belum diatas Rp. 3 juta, urungkan niat Anda untuk memiliki kartu kredit ini karena pasti ditolak.

Jenis orang yang tidak cocok menjadi nasabah kartu kredit

Tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit, masuk tipe yang manakah Anda?

Jenis orang yang tidak cocok menjadi nasabah kartu kredit selanjutnya adalah orang yang boros. Jika Anda adalah tipe orang yang suka gelap mata jika bepergian ke pusat perbelanjaan, ada baiknya Anda tidak memiliki kartu kredit. Kemudahan yang ditawarkan kartu plastik ini akan membuat Anda semakin boros.

Tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit yang ketiga adalah mereka yang suka gaya hidup mewah. Bergaya hidup mewah itu boleh-boleh saja, asalkan penghasilan Anda mencukupi. Jika penghasilan Anda tidak mencukupi lalu Anda memiliki kartu kredit, Anda tidak akan bisa mengontrol diri untuk menuruti gaya hidup mewah Anda. Alhasil, lama kelamaan Anda bakal terjerat hutang kartu kredit semakin dalam.

Tipe selanjutnya yang sebenarnya tidak cocok jadi nasabah kartu kredit adalah mereka yang sudah terdaftar dalam blacklist bank alias terkena BI Checking. Sama dengan jika Anda memiliki penghasilan dibawah Rp. 3 juta, pengajuan aplikasi Anda bakal ditolak jika Anda memiliki rapor merah di BI Checking. Bank akan melihat Anda sebagai nasabah yang tidak memiliki kemampuan untuk mengelola kredit atau hutang yang diberikan.

Tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit berikutnya adalah mereka yang suka tarik tunai. Tarik tunai adalah fasilitas yang diberikan oleh bank kepada nasabah dimana Anda bisa mengambil uang di ATM. Namun, biaya yang dikenakan cukup besar antara 4 – 6% dari nominal pengambilan Anda. Itu berarti jika Anda sering melakukan tarik tunai, semakin besar biaya yang harus Anda bayar.

Jenis orang yang terakhir yang tidak cocok menjadi nasabah kartu kredit adalah mereka yang tidak disiplin. Jika Anda tidak disiplin, maka ada kemungkinan Anda untuk telat dalam melakukan pembayaran tagihan kartu kredit Anda. Jika itu yang terjadi, maka Anda harus bersiap untuk membayar denda. Jika semakin lama dibiarkan, kartu kredit bukannya jadi alat yang membantu justru akan menyengsarakan hidup Anda.

Nah, itu tadi beberapa tipe orang yang seharusnya tidak menggunakan kartu kredit. Anda termasuk yang mana? Jangan memiliki kartu kredit hanya masalah prestise atau gengsi semata, tapi milikilah kartu kredit setelah Anda benar-benar tahu manfaatnya untuk Anda. Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak agar tidak terjerat dalam lingkaran hutang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *