Tanda-tanda hutang kartu kredit tidak terkontrol

Memiliki kartu kredit memang menyenangkan. Cukup dengan gesek saja, apapun kebutuhan yang diinginkan bisa dipenuhi. Akan tetapi, bagaimanapun, kartu kredit adalah hutang yang harus dibayar. Jika Anda tidak menyadari, maka Anda bakal kerepotan sendiri. Sebelum itu terjadi, ada baiknya Anda belajar tanda-tanda hutang kartu kredit tidak terkontrol.

Hutang kartu kredit, tips dan trik kartu kredit

Kenali tanda-tanda hutang kartu kredit tidak terkontrol agar Anda bisa mengantisipasinya

Tanda-tanda hutang kartu kredit tidak terkontrol yang pertama adalah Anda sedang dalam fase penyangkalan. Apakah Anda sudah sering mengabaikan tagihan, menolak menerima panggilan dari telpon yang tidak dikenal, atau enggan membahas masalah keuangan? Jika ya, maka Anda sedang berada dalam fase penyangkalan. Saran kami, jangan lakukan hal itu, semakin lama Anda mengabaikan hutang Anda, maka jumlahnya semakin menumpuk. Cara terbaik adalah melakukan perencanaan pelunasan hutang. Lunasi hutang kartu kredit dengan bunga tertinggi terlebih dahulu.

Tanda lain yang menunjukkan kalau hutang kartu kredit Anda tidak terkontrol adalah Anda tidak memiliki batas waktu pelunasan yang jelas. Pernahkah Anda menjawab “suatu hari nanti,” “mungkin 3 bulan lagi,” “kira-kira 1 tahun lagi,” ketika ditanya kapan utang Anda akan lunas? Jika ya, maka Anda harus segera berbenah diri, ini adalah tanda kalau Anda sudah tidak bisa mengendalikan hutang Anda. Tanggal pelunasan yang jelas adalah sesuatu yang penting, dimana Anda akan bisa fokus untuk segera menyelesaikannya. Perlu Anda ketahui, cara melunasi uang hanya ada 2, meningkatkan penghasilan atau mengurangi pengeluaran. Fokuslah dengan salah satunya, misal dengan mencari pekerjaan sampingan, menjual barang-barang yang tidak terpakai, atau mengurangi budget untuk jalan-jalan, dll.

Tanda-tanda hutang kartu kredit tidak terkontrol yang ketiga adalah Anda sering melakukan transfer saldo. Anda mesti tahu jika memindahkan saldo tidak sama dengan melunasi hutang. Transfer saldo hanya bisa membantu meringankan beban saja, misal jika Anda memiliki hutang dengan bunga yang lebih tinggi, Anda bisa mentransfer saldo ke kartu kredit dengan bunga yang lebih rendah. Itu hanya akan membawa Anda dari hutang satu kartu kredit ke hutang kartu kredit lainnya.

Tanda selanjutnya ketika hutang kartu kredit tidak terkendali adalah Anda mengorbankan tabungan untuk melunasi hutang. Seringkali kita lebih memilih untuk tidak menabung demi untuk membayar hutang. Menabung itu penting untuk jaga-jaga jika ada kebutuhan darurat, terutama jika Anda tidak punya dana cadangan. Dengan menabung, Anda bisa meminimalisir resiko untuk jatuh ke lembah hutang.

Tanda terakhir ketika hutang Anda sudah tidak terkendali adalah diliputi perasaan cemas. Perasaan cemas tidak akan membantu Anda, justru akan meningkatkan level stres Anda. Anda tidak akan bisa fokus untuk menyelesaikan hutang Anda.

Nah, itu tadi tanda-tanda hutang kartu kredit tidak terkontrol. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan perencanaan keuangan untuk bisa segera melunasinya. Jika hutang Anda terlalu besar, Anda bisa mencari alternatif lain, misal mencari konsultan keuangan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *