Tahun 2015, transaksi kartu kredit menggunakan PIN 6 digit mulai diberlakukan

Bank Indonesia (BI) sepertinya tak kenal lelah terus berupaya untuk meningkatkan keamanan bagi para pengguna kartu kredit. Salah satu cara yang dilakukan adalah sosialisasi penggunaan PIN 6 digit untuk transaksi. Bahkan, bank regulator sudah menentukan tanggal resmi pemberlakuan transaksi kartu kredit menggunakan PIN 6 digit, yaitu 1 Januari 2015.

Tahun 2015, semua bank yang mengeluarkan produk kartu kredit diharuskan mematuhi peraturan pemberlakukan transaksi kartu kredit menggunakan PIN 6 digit. “Bank harus punya alat-alat pengaman, salah satunya seperti PIN ini,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara.

transaksi kartu kredit, PIN kartu kredit

BI akan memberlakukan transaksi kartu kredit menggunakan PIN 6 digit di tahun 2015

Permberlakuan PIN 6 digit ini sebagai wujud komitmen perbankan Indonesia untuk melindungi nasabahnya dari kemungkinan kejahatan yang terjadi. Beberapa bank memang sudah menerapkan penggunaan PIN dalam transaksi. Namun, sementara ini baru PIN 4 digit yang digunakan, itupun hanya khusus untuk transaksi tarik tunai kartu kredit. Bukan hanya PIN saja, nanti, semua APMK (Alat Pembayaran Menggunakan Kartu) juga harus dilengkapi teknologi chip. Paling lambat tahun 2016, semua kartu kredit sudah harus menggunakan chip.

Lalu bagaimana dengan administrasinya? Pemberlakuan transaksi kartu kredit menggunakan PIN 6 digit dan penggunaan teknologi chip jelas memaksa bank untuk mengganti kartu nasabahnya, dan tentu itu akan memakan biaya. Namun, hal itu oleh Tirta sudah dianggap sebagai konsekuensi perbankan.

“Bank tentu sudah mengenakan biaya administrasi tahunan pada setiap nasabah, otomatis bank yang menanggung ini (biaya penggantian kartu),” tambah Tirta.

Nah, apakah langkah Bank Indonesia dalam memberlakukan transaksi kartu kredit menggunakan PIN 6 digit sudah tepat? Ataukah pemberlakuan aturan ini di tahun 2015 dianggap terlalu cepat? Silahkan berikan tanggapan anda di kolom komentar yang telh tersedia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *