Pingin bebas hutang kartu kredit, ingat selalu hal-hal ini saat menggunakannya!

Kartu kredit memang bisa menaikkan gengsi pemiliknya. Selain itu bisa memberikan kita kemudahan dalam bertransaksi. Akan tetapi, jika salah dalam menggunakan dan manajemennya, maka kartu plastik ini bisa menjadi bumerang. Bahkan bisa membuat Anda menjadi budaknya, bekerja mati-matian untuk bisa melunasi hutangnya. Nah, jika Anda ingin bebas hutang kartu kredit, inilah beberapa hal yang harus Anda ingat!

Hal pertama yang perlu Anda ingat jika Anda ingin bebas hutang kartu kredit adalah besarnya limit kartu Anda sama dengan potensi besarnya hutang Anda. Ketika Anda memiliki kartu dengan limit Rp. 10 juta, itu artinya bank siap menalangi transaksi sebesar Rp. 10 juta. Jika Anda menggunakan semuanya, itu artinya Anda memiliki hutang Rp. 10 juta. Semakin tinggi limit Anda, semakin besar potensi utang Anda, jika tidak digunakan dengan bijak, maka siap-siap Anda jadi budak kartu kredit.

Hutang kartu kredit, Menghindari hutang kartu kredit

Apa saja yang perlu Anda perhatikan jika ingin bebas hutang kartu kredit?

Hal selanjutnya yang perlu Anda ingat agar terhindar dari hutang kartu kredit adalah limit itu bukan tambahan penghasilan. Banyak orang yang akhirnya macet karena mereka terjebak dalam ilusi kartu kredit, yaitu semakin besar limitnya maka semakin besar penghasilannya. Akhirnya mereka tidak tahan godaan dan menggunakannya tanpa aturan. Baru tersadar begitu tagihan datang.

 

Hal lain yang juga bisa membuat Anda bebas hutang kartu kredit adalah membayar lunas tagihan dengan benar. Banyak kejadian nasabah yang hanya membayar berdasarkan jumlah transaksi yang dilakukannya saja. Setelah berapa lama, datang lagi tagihan yang jumlahnya membengkak. Kenapa itu bisa terjadi? Itu karena mereka tidak membayar dengan benar. Ketika tagihan keluar itu ada yang namanya biaya materai, biaya ini juga harus Anda bayar. Jika tidak Anda bayar, otomatis ini dianggap hutang. Lama kelamaan jumlahnya akan membengkak. Pastikan Anda mempelajari biaya-biaya lain yang terdapat dalam tagihan Anda.

Poin keempat yang perlu Anda ingat agar terhindar dari hutang kartu kredit adalah dengan mengingat tanggal jatuh tempo Anda. Kenapa kok harus diingat? Karena jika Anda membayar tagihan Anda melebihi tanggal jatuh tempo, maka Anda akan dikenai bunga dan denda. Tentu hal ini sangat tidak Anda inginkan, bukan? Bagaimana kalau Anda adalah tipe orang yang pelupa atau kartu kredit Anda begitu banyak sehingga mengalami kesulitan? Tenang, sekarang sudah ada aplikasi Credit Cards Reminder. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di iTunes (untuk pengguna produyk Apple) atau di Google Play Store (untuk pengguna Android). Aplikasi ini ibarat asisten Anda dalam mengelola kartu kredit Anda, salah satunya mengingatkan kapan tanggal jatuh tempo Anda.

Poin terakhir untuk menghindari jebakan hutang kartu kredit adalah dengan memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan secara bijak. Salah satu kelebihan memiliki kartu kredit adalah banyak program yang ditawarkan, semisal diskon, promo buy one get one, cicilan bunga 0%, dll. Ini jika dimanfaatkan dengan bijak justru akan mampu mengurangi pengeluaran Anda. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan fasilitas ini asal Anda disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Nah, itu tadi beberapa poin yang perlu Anda perhatikan atau ingat jika Anda ingin bebas hutang kartu kredit. Atau jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang bagaimana menggunakan kartu kredit dengan bijak serta cara mengelolanya, silahkan ikuti kelas khusus Credit Card Revolution bersama pakar kartu kredit No. 1 di Indonesia, bapak Roy Shakti. Semoga informasi berikut ini bermanfaat bagi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *