Berita

Pertumbuhan jumlah kartu kredit

Pertumbuhan jumlah kartu kredit di tahun 2013 diprediksi hanya akan mencapai angka 5%

Sepertinya pihak-pihak penerbit kartu kredit kini tidak bisa berharap terlalu banyak terhadap lonjakan pengguna kartu kredit di tahun depan. Seiring dengan dikeluarkannya aturan baru oleh Bank Indonesia yang membatasi kepemilikan kartu kredit bagi mereka yang berpenghasilan dibawah Rp. 10 juta. Oleh sebab itu, banyak pihak yang memprediksi jika pertumbuhan jumlah kartu kredit tidak akan sesignifikan tahun-tahun sebelumnya.

Pertumbuhan jumlah kartu kredit

Pertumbuhan jumlah kartu kredit diprediksi bakal menurun di tahun 2013

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh General Manager AKKI (Asosiasi Kartu Kredit Indonesia) Steve Marta yang memprediksi aturan baru ini akan sangat mempengaruhi pertumbuhan jumlah kartu kredit di tahun 2013. Bahkan, dia memprediksi akan terjadi penurunan nasabah pengguna kartu kredit. Jika sebelumnya pertumbuhan bisa mencapai angka di kisaran 12-13%, maka di tahun 2013, angka tersebut turun jauh hingga hanya mencapai angka 5%.

Jumlah pengguna kartu kredit berdasarkan perhitungan hingga November 2012 adalah sejumlah 15,8 juta yang merupakan nasabah dari 20 perusahaan penerbit, bank maupun non-bank. Jumlah tersebut memang akan meningkat di tahun 2013, namun, diprediksi jumlahnya tidak akan lebih dari 16,5 juta.

Meskipun demikian, Steve Marta menyatakan penurunan pertumbuhan jumlah kartu kredit tidak berdampak pada transaksi kartu kredit. Dia bahkan optimis jika volume transaksi bisa naik hingga 15% menuju level Rp 17 triliun–Rp 18 triliun per bulan. Angka kenaikan yang sama, yaitu 15% juga diprediksi bakal bisa dicapai untuk sektor outstanding. Sekarang ini AKKI masih terus berkoordinasi dengan pihak-pihak penerbit kartu kredit untuk melakukan pemutakhiran data. Dari data tersebut, diharapkan AKKI bisa mengukur seberapa besar dampak dari kebijakan baru BI tersebut.

Kata Kunci :