Mungkinkah budgeting menggunakan kartu kredit?

Kartu kredit selalu diidentikkan sebagai momok yang menakutkan yang bisa menjerat kita pada hutang yang berkepanjangan. Anggapan ini tak sepenuhnya benar, sebab jika mengetahui seluk beluk, budgeting menggunakan kartu kredit bukanlah hal mustahil. Penganggaran keuangan pribadi akan sangat membantu anda agar bisa mengelola kartu kredit dan bahkan keuangan anda dengan bijak. Namun, yang jadi masalah, bagaimana melakukannya?

Seperti yang anda ketahui, kartu kredit tersedia dalam berbagai jenis dan limit masing-masing. Anda bisa bahkan bisa memiliki lebih dari satu. Kartu-kartu tersebut mempunyai penawaran khusus yang berbeda antara satu sama lain. Salah satu kelebihan dan sekaligus merupakan kelemahan adalah kebebasan kita dalam mengatur transaksi menggunakan kartu plastik ini. Dengan demikian, kita memang dituntut untuk benar-benar berhati-hati melakukan budgeting menggunakan kartu kredit.

Budgeting menggunakan kartu kredit

Budgeting menggunakan kartu kredit ternyata menyenangkan

Salah satu saran yang diberikan saat anda hendak melakukan penganggaran keuangan pribadi untuk kartu kredit adalah memilih alokasi yang tepat. Jika anda memiliki lebih dari satu kartu, sebaiknya anda memilih kartu dengan fitur dan penawaran yang berbeda. Misalkan, anda bisa memilih kartu kredit bank A yang lebih cocok untuk digunakan bertransaksi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan satu kartu lainnya dari bank B lebih cocok untukĀ  transaksi yang bersifat entertainment, dan sebagainya.

Dengan alokasi yang tepat seperti itu, anda bisa lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran anda. Pernahkah anda mengalami kebingungan karna uang tunai anda tiba-tiba habis tanpa tahu kemana perginya. Dengan budgeting menggunakan kartu kredit, anda tidak perlu risau lagi. Anda bisa mengetahui kemana perginya uang anda selama kurun waktu tertentu. Dari laporan tersebut, anda bisa memilah, mana yang harus anda prioritaskan dan mana yang seharusnya tidak anda lakukan.

Nah, itu tadi sekilas tentang budgeting menggunakan kartu kredit. Mungkin terdengar gampang, akan tetapi pelaksanaannya tidak semudah yang kita bayangkan. Akan tetapi, hal tersebut bisa anda latih terus menerus agar kartu kredit anda tidak lagi menjadi beban, melainkan justru menjadi penasihat keuangan pribadi anda. Semoga artikel kartu kredit kali ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *