Membedakan Secured Credit Card dengan kartu kredit biasa

Saat ini apply kartu kredit tidak mudah lagi. Banyak peraturan yang dikeluarkan BI yang membuat kita kesulitan mendapatkan kartu kredit baru, apalagi jika penghasilan kita kurang dari Rp. 10 juta. Bank pun dirugikan dengan peraturan ini karena otomatis peluang mendapatkan nasabah juga semakin kecil. Meskipun demikian, bukan bank namanya jika tidak mencoba mengakali peraturan demi mendapatkan nasabah. Akhirnya muncullah produk baru yang biasa disebut dengan Secured Credit Card (SCC). Produk baru ini memiliki fungsi yang sama dengan kartu kredit, yaitu sebagai alat penunda pembayaran. Lalu, apa yang membedakan proiduk ini dengan kartu kredit biasa?

SCC

Apakah Anda sudah mengenal tentang Secured Credit Card?

Poin pertama yang membedakan Secured Credit Card dengan kartu kredit adalah pendaftarannya. Apply produk ini relatif lebih mudah dibandingkan kartu kredit biasa. Asal Anda cukup umur, minimal 21 tabhun, Anda bisa mendapatkannya. Bagaimana dengan profesi? Tidak peduli apapun profesi Anda, kartu ini bisa didapatkan. Jadi kartu ajaib ini sangat cocok bagi para freelancer, mahasiswa, maupun wirausahawan pemula. Lebih enaknya lagi, tidak ada minimum penghasilan yang diwajibkan seperti jika Anda apply kartu kredit biasa. Syarat utamanya Anda hanya memiliki rekening bank penerbit kartu kredit yang Anda inginkan. Rekening Anda nanti akan dikunci sevagai jaminan.

Poin pembeda selanjutnya antara Secured Credit Card dengan kartu kredit biasa adalah masalah pembayaran. Di SCC, tidak ada pilihan pembayaran minimum payment, semua harus dibayar full payment. Tapi tenang aja, bank akan memberikan grace period atau masa tenggang waktu pembayaran hingga tanggal jatuh tempo.

Poin terakhir yang menjadi pembeda antara SCC dan kartu kredit adalah penentuan limit. Jika kartu kredit biasa limitnya ditentukan oleh pihak bank. Sedangkan dengan Secured Credit Card, Anda bisa menentukan limitnya sendiri. Bagaimana caranya? Limit Anda itu ditentukan oleh nominal rekening yang Anda jaminkan, misal rekening Anda Rp. 5 juta, maka limit Anda juga Rp. 5 juta.

Nah, itu tadi penjelasan tentang perbedaan Secured Credit Card dan kartu kredit biasa. Apakah Anda tertarik untuk mencoba SCC? Silahkan hubungi bank Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Semoga berita ini bisa member manfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *