Manfaat kartu kredit bagi pebisnis yang jarang diketahui

Di era modernisasi seperti saat ini, tidak bisa dipungkiri, mengikuti perkembangan jaman adalah sebuah keharusan. Terutama bagi anda para pebisnis, beradaptasi dengan apa yang ada disekitar anda sangat diperlukan demi keberlangsungan usaha anda. Salah satu bentuk modernisasi yang perlu diikuti oleh pebisnis adalah penggunaan kartu kredit. Kenapa kartu kredit perlu? Karena kartu kredit ternyata menawarkan kemudahan-kemudahan yang memang diperlukan oleh para pengusaha. Namun, tidak semua orang paham tentang manfaat yang ditawarkan oleh kartu plastik ini. Nah, berikut ini, kami akan berbagi manfaat kartu kredit bagi pebisnis yang jarang diketahui. Check it out!

Kelebihan kartu kredit bagi para pengusaha

Ternyata manfaat kartu kredit bagi pebisnis cukup banyak, sayang tidak banyak yang mengetahuinya

 

Manfaat kartu kredit bagi pebisnis yang pertama yang banyak orang tidak menyadari adalah kartu ajaib ini bisa digunakan untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Tentu bagi anda yang seorang pebisnis, memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis sangat penting. Dengan memiliki kartu khusus, maka anda bisa memisahkan pengeluaran dan pembelian yang berkaitan dengan bisnis dan pribadi. Contoh, kartu kredit bank A anda gunakan untuk keperluan pribadi, kartu kredit bank B untuk keperluan bisnis, anda tidak akan pusing untuk memisahkan pembelian yang anda. Karena setiap lembar tagihan datang, anda sudah tahu kalau kartu kredit bank A berisi transaksi kebutuhan pribadi anda, sedangkan kartu kredit bank B berisi pembelanjaan yang terkait dengan bisnis anda.

Kelebihan kartu kredit bagi para pengusaha selanjutnya adalah mengurangi waktu pengecekan buku cek anda. Jika selama ini anda dibuat pusing dengan perhitungan jumlah cek yang anda keluarkan, kemana saja, maka kartu kredit adalah jawaban yang paling tepat. Cukup dengan menggunakan kartu kredit untuk setiap transaksi anda, maka kini anda cukup menyerahkan satu cek ke bank penerbit kartu anda. Ini sangat membantu dalam efisiensi dan efektifitas pembuatan laporan keuangan anda dan meminimalkan kesalahan.

Manfaat kartu kredit bagi pebisnis yang selanjutnya adalah mengurangi waktu anda membuat laporan keuangan. Kok bisa demikian? Banyak penerbit kartu kredit yang berusaha memberikan yang terbaik untuk nasabahnya, salah satunya bersedia memberikan beberapa layanan report. Bukan hanya sekedar lembar tagihan, anda bisa saja meminta laporan per 3 bulan atau malah per tahun. Yang lebih hebat, laporan tersebut bisa dipilah-pilah berdasarkan jenis pembelanjaan, contoh laporan pembelian bahan bakar, peralatan kantor, perjalanan dan hotel, makanan, dll. Laporan ini tentu sangat membantu bagi bisnis anda, terutama saat anda diharuskan menentukan berapa besaran pajak yang harus anda bayar.

Kelebihan kartu kredit bagi para pengusaha selanjutnya adalah penundaan pembayaran hingga 45 hari. Kalau anda adalah orang yang suka membayar tepat waktu, maka anda bisa memanfaatkan layanan yang namanya grace period atau masa tenggang (durasinya tergantung masing-masing bank, biasanya 15 hingga 45 hari dari tanggal diterbitkan lembar tagihan) dimana anda bisa membayar tagihan anda tanpa dikenakan bunga. Saran saya, lakukan transaksi setelah lembaran tagihan anda diterbitkan, maka anda akan mendapatkan tambahan waktu penundaan pembayaran. Misal kartu kredit bank A anda lembar tagihannya diterbitkan tanggal 15 September, lalu anda melakukan transaksi tanggal 16 September, maka transaksi anda akan ditagihkan pada lembar tagihan bulan selanjutnya (15 Oktober). Jika bank A menerapkan grace period 15 hari, maka anda tetap bisa membayar tagihan anda tanpa bunga pada tanggal 30 Oktober, atau artinya 45 hari dari tanggal transaksi.

Nah, itu tadi beberapa manfaat kartu kredit bagi pebisnis yang jarang diketahui. Ingat prinsip yang telah kami berikan “Jika anda tidak tahu aturan mainnya, anda akan selalu kalah.” Ternyata kartu kredit memberi banyak manfaat yang bisa sangat berguna bagi perkembangan usaha anda. Semoga informasi berikut bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *