Kartu kredit untuk anak (part 2) : Kekurangan

Di artikel sebelumnya kami telah memberikan informasi tentang apa kelebihan memberikan anak kita kartu kredit. Akan tetapi, semua hal di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga kartu ajaib ini. Nah, kali ini kita akan informasikan apa saja kekurangan kartu kredit untuk anak.

Kartu kredit tambahan

Jika tanpa pengarahan yang benar, kartu kredit untuk anak bisa menambah masalah

Kekurangan pertama dari kartu kredit untuk anak adalah berpotensi membuat anak menjadi boros. Ini bisa terjadi apabila si anak tidak memiliki kontrol diri dan tanggung jawab dalam penggunaan kartu plastik ini. Apalagi jika si anak gampang terpengaruh dengan promo-promo yang ada, tagihan kartu akan membengkak kemudian.

Poin minus selanjutnya dari memberikan anak kartu kredit adalah mengajarkan anak untuk berhutang. Jika tidak diberi pengarahan yang tepat, maka anak akan salah paham dengan menganggap hutang sebagai tujuan. Hal ini bisa berdampak buruk ketika dia sudah dewasa. Banyak orang yang jatuh ke lembah hutang karena hal ini. Padahal hutang seharusnya dilihat sebagai alat, bukan tujuan. Dan sifat hutang adalah opsi atau pilihan, bukan keharusan.

Kekurangan kartu kredit untuk anak yang selanjutnya adalah membuat anak meremehkan uang. Kurang pengarahan dalam menggunakan kartu kredit akan membuat anak tidak menghargai uang. Mereka berpikir bahwa dengan kartu yajaibnya mereka bisa mendapatkan apapun yang diinginkan. Apalagi jika orang tua terlalu memberikan kebebasan pada anak, seperti tidak memberi batasan limit yang boleh digunakan.

Kelemahan memberikan anak kartu kredit yang terakhir adalah hal ini bisa menganggu arus keuangan keluarga. Terutama jika keuangan Anda pas-pasan. Terlebih jika si anak tidak memiliki control diri, disiplin dan tanggung jawab. Ujung-ujungnya Anda yang harus pusing tujuh keliling untuk bayar tagihannya.

Nah, itu tadi beberapa kekurangan memberikan kartu kredit untuk anak. Sekarang Anda tinggal menilai dari kelebihan dan kekurangannya, apakah kartu kredit bisa menambah manfaat untuk anak Anda atau justru sebaliknya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *