Kartu kredit untuk anak (part 1) : Kelebihan

Jika Anda belum berusia 21 tahun atau 17 tahun namun sudah menikah, sepertinya Anda bakal kesulitan untuk mendapatkan kartu kredit. Akan tetapi, mungkin Anda bakal bertanya bagaimana mungkin anak yang belum memnuhi syarat bisa mendapatkan kartu ajaib ini. Biasanya itu karena orang tua sang anak meminta kartu kredit tambahan untuk si anak ke bank penerbit. Anda bisa saja melakukan itu, tapi sebelumnya pertimbangkan dulu matang-matang. Lebih baik ada pelajari dulu kelebihan dan kekurangan memberikan kartu kredit untuk anak. Di bagian 1 ini, kami akan bicara tentang kelebihannya terlebih dahulu. Check it out!

Kartu kredit tambahan, kartu kredit tambahan untuk anak

Sudah tahukah Anda kelebihan memberikan kartu kredit untuk anak

Kelebihan memberikan kartu kredit untuk anak yang pertama adalah meningkatkan rasa aman dan efektif. Jika memiliki kartu kredit, anak Anda tidak perlu membawa uang kemana-mana sehingga lebih aman. Selain itu, mereka tidak perlu meminta uang jika hendak membeli keperluan sekolah, seperti buku, perlengkapan tulis, dan sebagainya.

Manfaat lain untuk anak ketika memiliki kartu kredit adalah belajar untuk mengelola keuangan. Sebagai orang tua Anda bisa melihat sejauh mana anak Anda bisa mengatur keuangan. Anda bisa saja menentukan berapa limit yang boleh dia pakai. Lalu Anda tinggal mengecek bagaimana dia menggunakan limit tersebut.

Poin lain tentang kelebihan memberikan kartu kredit untuk anak adalah mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab. Selain bisa memberikan pelajaran tentang memanajemen keuangan sejak dini, Anda juga bisa melihat apakah anak Anda bisa bertanggung jawab dengan kepercayaan yang Anda berikan. Apalagi usia muda sangat rentan dengan godaan untuk mencoba sesuatu baru. Lihatlah bagaimana mereka menggunakan kartu kreditnya. Apakah mereka bisa menggunakan kartu tersebut dengan bijak atau belum? Selalu beri pendampingan dan nasehat tentang bagaimana bertanggung jawab dengan kartu kredit dan menggunakannya secara bijak.

Manfaat selanjutnya adalah melatih anak dalam mengendalikan diri. Memiliki kartu kredit sangat rentan dengan godaan. Banyak sekali promo-promo yang diberikan bank agar nasabah menggunakan kartu kreditnya. Nah, berikan pengertian jika kartu kredit adalah hutang yang harus dibayar agar anak Anda bisa mengendalikan diri. Setelah itu, evaluasi tagihannya apakah dia mampu mengendalikan dirinya atau tidak.

Poin terakhir dari kelebihan memberikan kartu kredit untuk anak adalah membantunya untuk belajar memiliki rekam jejak yang baik. Kartu kredit adalah hutang, namun jika kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar maka itu bisa memberikan keuntungan untuk kita. Begitu pula jika anak diajari untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak sejak dini, maka itu akan memberikan dampak positif di depan. Sang anak akan memiliki rekam jejak yang baik karena ia mampu untuk mengendalikan diri serta bertanggung jawab dengan hutang yang dimilikinya.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan dari memberikan kartu kredit untuk anak. Di bagian kedua nanti, kita akan membahas dari sisi negatifnya. So, jangan lupa untuk terus kunjungi website ini untuk update info berita, tips dan trik terbaru seputar kartu kredit. Semoga informasi berikut ini bisa bermanfaat bagi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *