Hal yang sering tidak dihiraukan nasabah tentang bunga kartu kredit

Kartu kredit dibuat untukm memudahkan penggunanya dalam bertransaksi. Sayangnya banyak orang lupa jika kartu kredit adalah hutang. Dan sebagaimana hutang pada umumnya, pasti identik dengan bunga. Sayangnya, tidak sedikit pengguna kartu kredit yang cuek akan hal ini. Padahal, kesalahan sedikit saja, maka Anda bisa terjerat menjadi budak kartu kredit. Nah, untuk menghindari hal itu, kami akan berbagi informasi tentang beberapa hal yang sering dilupakan nasabah tentang bunga kartu kredit.

Kelalaian pertama yang sering dilakukan nasabah adalah tidak memperhatikan bunga kartu kredit saat apply kartu kredit. Banyak pengguna yang tidak mencari informasi terlebih dahulu berapa bunga yang dikenakan oleh bank penerbit kartu kredit. Teliti dulu sebelum mengajukan kepemilikan kartu kredit, cari bank mana yang memberikan bunga yang rendah. Jangan sampai Anda menyesal setelah melihat billing tagihan dan ternyata bunga yang dikenaakan cukup tinggi.

Hal lain yang sering dilupakan juga oleh nasabah adalah cara kerja bunga kartu kredit. Seringkali nasabah hanya memikirkan untuk cepat-cepat menggunakan kartunya tanpa mengetahui bagaimana bunga itu dikenakan. Secara umum bank akan mengenakan bunga kepada nasabah jika:

Suku bunga kartu kredit, Cara kerja bunga kartu kredit, Cara menghitung bunga kartu kredit

nasabah sering mengabaikan pengetahuan tentang bunga kartu kredit

  • Nasabah melakukan pembayaran yang melebihi tanggal jatuh tempo
  • Nasabah membayar hanya minimum payment saja
  • Nasabah tidak melakukan pembayaran
  • Transaksi tarik tunai

Coba tanyakan kepada bank penerbit Anda, apa saja yang bisa dikenai bunga.

Hal lain yang sering tidak dihiraukan oleh nasabah adalah cara menghitung bunga. Mungkin terdengar sepele, tapi ini cukup penting untuk Anda ketahui. Jika Anda tidak tahu menahu soal cara menghitung bunga kartu kredit, bagaimana jika ada manipulasi data? Nah, ini akan kami berikan rumus dan simulasi cara menghitung bunga.

Pada tanggal 12 Agustus, pak Amir melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit sebesar Rp. 2 juta. Tagihan kartu kredit diberikan setiap tanggal 15 dan jatuh temponya adalah tanggal 30. Pada tanggal 28 Agustus, pak Amir membayar sebesar Rp. 1,5 juta, masih ada sisa hutang Rp. 500 ribu. Dengan suku bunga sebesar 2,5%, berapakah beban bunga pak Amir di tagihan tanggal 15 September?

1. Suku bunga harian

Rumus : (Suku bunga x 12 bulan : jumlah hari dalam setahun)

(2,5% x 12) : 365 = 0,0008219178082

2. Bunga hingga tanggal pembayaran:

Rumus: (nilai transaksi x selisih hari dari tanggal transaksi hingga tanggal pembayaran x suku bunga harian)

(Rp. 2 juta x 16 hari x 0,0008219178082) = Rp. 26301,37

3. Bunga setelah tanggal pembayaran hingga tanggal cetak tagihan berikutnya, yaitu tanggal 15 September:

Rumus : (Nilai transaksi – Pembayaran) x (Selisih hari dari tanggal bayar ke tanggal cetak tagihan berikutnya) x (suku bunga per hari)

{(Rp. 2 juta – Rp. 1,5 juta) x 18 hari x 0,0008219178082} = Rp. 7397,27

Jadi, total bunga yang harus dibayar pak Amir di tagihan kartu kredit 15 September adalah Rp. 26301,37 + Rp. 7397,27 = Rp. 33968,64

Anda bisa bertanya kepada pihak bank penerbit kartu Anda tentang rumus perhitungan bunga kartu kredit.

Hal terakhir yang juga sering dilupakan oleh nasabah terkait bunga kartu kredit adalah suku bunga bisa sewaktu-waktu berubah. Ingat, bank harus patuh dengan surat edaran yang dikeluarkan Bank Indonesia. Suku bunga bisa naik ataupun turun, dengan mengupdate info tersebut, Anda bisa lebih berpikir ketika hendak melakukan transaksi.

Nah, itu tadi beberapa hal yang sering tidak dihiraukan nasabah tentang bunga kartu kredit. Ingat, “jika Anda tidak tahu aturan mainnya, Anda akan selalu kalah.” Pastikan Anda benar-benar mendapatkan info yang benar tentang seluk beluk kartu kredit. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang kartu kredit, Anda bisa mengikuti seminar dan workshop CCR. Untuk info jadwal bisa Anda dapatkan disini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *