BI rate turun tak pengaruhi suku bunga kartu kredit

Bank Indonesia (BI) baru saja membuat keputusan untuk menurunkan BI rate alias suku bunga acuan. Suku bunga acuan tersebut diturunkan sebesar 25 bps hingga ke level 7,5%. Pertanyaan pun mencuat, apakah penurunan tersebut mempengaruhi suku bunga kartu kredit? Jawabannya ternyata tidak. Bagaimana bisa?

Bunga kartu kredit

Suku bunga kartu kredit tidak terpengaruh meski BI baru saja menurunkan suku bunga acuan alias BI rate

Menurut Steve Martha, General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), tidak berpengaruhnya penurunan BI rate terhadap suku bunga kartu kredit dikarenakan bunga kartu kredit tidak sensitif terhadap suku bungan acuan. Hal itu disampaikannya saat dihubungi Selasa (24/2) kemarin.

“Suku bunga BI itu tidak bisa langsung pengaruhi bunga kartu kredit tidak seperti bunga pinjaman, sejauh ini belum begitu berarti,” ungkap Steve Martha.

Apalagi, Bank Indonesia baru saja, tepatnya sejak 2013 sudah mengeluarkan peraturan terkait pembatasan bunga kartu kredit. Dimana per 1 Januari 2014, bunga yang dikenakan maksimal hanya 2,95%. Jadi dirinya tidak melihat indikasi bank sentral akan melakukan penurunan lagi.

“Secara industri BI pernah tahan suku bunga kartu kredit secara massal di 2,95 persen dan kondisi di industri saya lihat BI tidak akan menurunkan batasan itu dalam waktu dekat, tapi kalau ada bank yang menurunkan bunga kartu kredit untuk produk tertentu itu mungkin tapi sampai saat ini belum ada informasi,” imbuhnya.

Nah, apakah menurut Anda Bank Indonesia perlu melakukan penyesuaian suku bunga kartu kredit akibat penurunan BI rate? Silahkan sampaikan opini Anda melalui kolom komentar yang tersedai. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *