Bagaimana menghindari biaya overlimit kartu kredit?

Mungkin banyak diantara anda para pemegang kartu kredit yang bertanya bagaimana menghindari biaya overlimit kartu kredit? Seperti yang anda ketahui, setiap kartu kredit memiliki limit atau batas nominal yang bisa ditransaksikan. Meskipun, pihak bank akan tetap memproses apabila anda ingin bertransaksi melebihi batas yang telah ditentukan, namun, dengan konsekuensi adanya pinalti yang harus anda bayar.

Akan tetapi, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana menghindari biaya overlimit kartu kredit, ada baiknya kita mengetahui efek dari transaksi overlimit. Ada beberapa kerugian jika anda melakukan transaksi melebihi batas yang telah ditentukan, antara lain:

Anda akan terkena biaya tambahan yang biasa disebut biaya overlimit. Besarannya bisa bervariasi, tergantung bank penerbit kartu kredit anda.

Kerugian selanjutnya dari transaksi overlimit adalah kemungkinan suku bunga kartu kredit anda yang naik ke tingkat default. Maksudnya, dengan adanya peningkatan suku bunga, ada kemungkinan pembengkakan biaya yang lebih mahal untuk membawa tagihan pemakaian kartu kredit melampaui masa tenggang.

Menghindari biaya overlimit kartu kredit

Bagaimana anda bisa menghindari biaya overlimit kartu kredit?

Kerugian terakhir adalah berdampak pada skor kredit anda. Tahukah anda jika penghitungan nilai kredit itu 25% diukur dari  membandingkan tingkat utang Anda ke batas kredit, memiliki pemakaian kartu kredit yang overlimit akan mempengaruhi poin skor kredit.

Nah, setelah mengetahui konsekuensinya, ini saatnya membahas poin utamanya, menghindari biaya overlimit kartu kredit. Setidaknya da beberapa cara yang bisa membantu anda terlepas dari jeratan biaya tersebut, antara lain:

Hal yang pertama yang bisa anda lakukan untuk menghindari biaya overlimit kartu kredit adalah dengan tidak memilih opsi setuju. Apa maksudnya? Proses transaksi overlimit tidak akan pernah diproses oleh bank kecuali ada persetujuan dari anda.

Cara selanjutnya adalah mengetahui limit kartu kredit anda. Ini adalah langkah antisipatif menghindari biaya overlimit kartu kredit yang paling mudah. Anda mesti rajin menegecek surat tagihan bulanan kartu kredit anda sebab pihak bank bisa saja menambah atau menurunkan limit anda.

Cara berikutnya untuk menghindari biaya overlimit kartu kredit adalah dengan registrasi layanan peringatan transaksi. Pastikan kartu kredit anda memiliki layanan pemberitahuan peringatan transaksi, lalu mendaftarlah. Hal ini akan cukup membantu, karena kartu kredit anda bisa mengirimkan tanda peringatan apabila anda bertransaksi mendekati persentase tertentu atau jumlah rupiah tertentu yang telah mendekati batas kredit.

Tips menghindari biaya overlimit kartu kredit lainnya adalah dengan menjaga pemakaian kartu kredit untuk bertransaksi agar tetap rendah. Usahakan anda menjaga transaksi anda 30% dari limit kartu kredit atau lebih rendah. Karena selain menjaga anda agar tidak overlimit, anda juga bisa memperbaiki skor kredit anda.

Cara yang terakhir untuk menghindari biaya overlimit kartu kredit adalah memeriksa setiap kali anda hendak melakukan transaksi. Hal ini cukup mudah, apalagi sudah banyak bank yang menyediakan layanan call center 24 jam. Cukup dengan menghubungi nomor telepon yang telah tersedia, anda bisa mendapatkan informasi nasabah yang anda butuhkan, termasuk limit kartu kredit anda.

Nah itu tadi beberapa cara bagaimana anda bisa menghindari biaya overlimit kartu kredit. Mungkin anda punya cara-cara alternatif, anda bisa membagikannya untuk pembaca yang lain disini. Semoga artikel ini bisa sangat membantu bagi para pengguna kartu kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *