AKKI : Tahun ini bakal ada 400 ribu kartu kredit yang ditutup paksa

Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 yang mengatur tentang pembatasan kepemilikan kartu kredit sepertinya bakal segera memakan korban. Hal ini berdasarkan perkiraan dari AKKI (Asosiasi Kartu Kredit Indonesia). Menurut AKKI, setidaknya bakal ada 400 ribu kartu kredit yang ditutup paksa.

Penutupan kartu kredit, AKKI, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia

AKKI isyaratkan setidaknya bakal ada 400 ribu kartu kredit yang ditutup paksa

Menurut General Manajer AKKI, Steve Martha, pihaknya bisa melakukan prediksi tersebut setelah memperoleh hasil penyisiran data yang dilakukan oleh para pelaku bisnis kartu kredit terhadap pengguna kartu kredit yang berjumlah 16 – 16,5 juta. “Prediksi kami 400.000 kartu kredit yang bakal ditutup sebagai dampak dari peraturan tersebut. Ini yang sekaligus membuat pertumbuhan kartu baru terkesan lambat dari tahun-tahun sebelumnya, yakni hanya sekitar 3-4 persen per Juni 2015,” ujar Steve.

Meski demikian, dirinya juga menegaskan kalau angka tersebut bisa saja berkurang jika nasabah melakukan pembaharuan data serta melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Nasabah yang melakukan hal tersebut otomatis akan lolos dari Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012.

Untuk menghindari dampak prediksi 400 ribu kartu kredit yang ditutup paksa, Steve Martha meminta pihak perbankan untuk lebih kreatif. Kreatifitas dibutuhkan agar bank mampu mendapatkan nasabah kartu kredit baru. Selain menawarkan promo-promo kartu kredit, memperluas pangsa pasar agar terjadi pemerataan juga perlu diperlukan. Selama ini distribusi kartu kredit hanya berkutat di kota-kota besar saja, khususnya di Pulau Jawa. Hal ini perlu agar pertumbuhan kartu kredit mampu lebih besar jumlahnya dibandingkan kartu yang ditutup.

“Harapan kami, pertumbuhan penerbitan kartu baru tahun ini mampu menyentuh 5 persen atau sama dengan tahun lalu. Kami berharap, akuisisi nasabah untuk kartu baru lebih banyak ketimbang kartu-kartu yang ditutup,” ungkap Steve.

Nah, apakah Anda termasuk bagian dari 400 ribu kartu kredit yang ditutup paksa? Jika tidak ingin kartu kredit Anda ditutup, segera lakukan pembaharuan data dan melengkapi dokumen yang diperlukan secepatnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *